goa tengkorak

goa tengkorak

Goa ini terletak di sebuah tebing kapur tegak desa Kesungai, Batu Sopang, Kabupaten Pasir, Kalimantan Timur. Berada 4 km dari tepi jalan trans Kalimantan Km-130 Balikpapan-Banjarmasin. Kalau anda faham Air Terjun Gunung Rambutan kira2 hanya 10 km dari sana.

Goa Tengkorak adalah sebuah lubang di tebing pada ketinggian 20 meter. Lubang tersebut memiliki tinggi sekitar 1,5 meter, lebar 2 meter, panjang 3 meter. Di ujung lubang terdapat lorong dengan lubang sempit yang harus dimasuki dengan merayap didalam dijumpai ruangan lain yang cukup luas dengan panjang kira2 10 meter dan tinggi 20 meter. Disana ada ornament gua yang cukup bagus. Lubang diatap gua, merupakan jalur laluan air yg membentuk lubang gua tersebut. dan rekahan-rekahannya membentuk stalagtit.

goa tengkorak

GOA ini berisi 35 tengkorak kepala dan ratusan tulang yang merupakan sisa jazad nenek moyang warga setempat. Untuk masuk kedalam ruangan kedua, tak pelak lagi badan menyenggol jazad2 ini karna sempitnya laluan. Untungnya tak banyak tangan-tangan jahil yang menganggap ini sebagai cendera mata. Tidak ada penjaga disana. Umur dari jazad tersebut kurang diketahui dengan jelas. Beberapa kuburan diluar menggunakan aksara Arab.

Suatu keanehan yang saya rasakan sendiri dan sulit untuk percaya, bahwa bau harum kuat tercium disekitar ini, masalahnya anggota keluarga-keluarga lain menyangkal adanya bau-bauan seperti itu. Saya mencari tahu asal bau-bauan tapi tak mendapatkan asalnya. Saya sangat penasaran kalau-kalau ada penciuman saya yang salah. Saya berpikir positif saja mungkin ini semacam ungkapan “kasat mata” selamat datang,.Alhasil, perjalanan masuk kedalam lorong gua bisa dilanjutkan.

Goa ini berada di pinggiran desa yang menyeberangi dua sungai sejauh 500 meter menggunakan jembatan gantung yang cukup baik dan terlihat terawat. Untuk mencapai tebing, terdapat tangga naik yang aman untuk dinaiki.

Tak jauh dari Gua Tengkorak terdapat gua lain bernama Gua Lojang, sebuah gua kapur lainnya dengan dalam sekitar 400 meter. Goa Lojang, terletak satu kilometer dari Goa Tengkorak, juga berada di tengah sebuah tebing tegak bukit kapur setinggi kurang lebih 30 meter. Goa ini memiliki ruangan yang amat besar seperti gua Niah. Mulut goa terletak di ketinggian dan untuk mencapai nya tersedia anak tangga. Kalau baru pertama kalinya masuk kedalam jenis gua seperti ini, kita akan takjub berada ditengah kegelapan abadi di dalam ruangan yang sangat-sangat besar. sayang kamera tidak bisa mendapatkan citra kekhususan tersebut. tanpa persiapan dengan lampu-lampu ribuan watt untuk mencapai seluruh bagian dalam waktu yg bersamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *