obat dayak

 

obat dayak

Di bagian pertama (Baca: Obat-obatan Dayak Part-1) kita sudah membahas sedikit obat-obatan khas Dayak, kali ini penulis akan mensharing beberapa obat-obatan Dayak yang sangat berguna bagi kesehatan dan dipercaya mampu mengobatai berbagai macam penyakit. Dalam waktu dekat penulispun akan mencoba mengumpulkan obat-obatan ini untuk dapat dipasarkan sehingga semakin banyak warga Dayak yang melestarikan obat-obatan ini.

1. TAWAS U’UT

Tawas U’ut atau disebut Panamar Peri adalah obatan yang sangat banyak memiliki kegunaan tetapi yang utama adalah untuk menyembuhkan infeksi dalam selain dapat menyembuhkan luka dalam juga dapat digunakan untuk mengobati luka luar. Bentuk Tawa U’ut mirip seperti ubi hanya lebih kecil.

Tawas U'ut / Panamar Peri

obat dayak

2. TERONG TUSU

Jenis terong ini cukup unik dan disebut Terong Tusu (Terung Susu) mungkin karena bentuknya yang mirip payudara dan juga memang terong ini hanya dapat digunakan untuk mengobati kanker payudara. Jenis terong ini tidak dapat dikonsumsi, sehingga untuk mengolahnya menjadi obat harus dengan cara yang benar. Karena selain bisa menjadi obat terong ini dapat dijadikan racun. Dalam adat Dayak Salako, jenis tarong ini disebut Terong Kecobong dan memiliki dua jenis yang satu bentuknya lebih kecil lonjong seperti melinjo dan kalau matang berwarna merah. Jenis terong kecobong ini juga digunakan oleh Dayak Salako untuk mengobati gingivitis / gigi berlubang dan busuk – biasanya dengan dibakar dan gigi yang bermasalah akan diasapi, maka ulat yang ada didalam gigi akan keluar dan kemudian mati.

 

Terong Tusu

3. AKAR KUNING

Akar ini digunakan untuk menyembuhkan penyakit lever, malaria, hepatitis.

Akar Kuning

obat dayak

4. SALUANG BELUM & PASAK BUMI

Ini adalah salah satu obat kuat Dayak. Akar ini berhasiat melancarkan peredaran darah sehingga mempengaruhi kekerasan organ genital pria pada saat ereksi, efek lain adalah rentang antara penetrasi dengan ejakulasi jadi lebih lama bisa sampai di atas 30 menitan. Selain saluang belum yang dikenal juga adalah akar pasak bumi yang memiliki khasiat kurang lebih sama.

Saluang Belum & Pasak Bumi

 

paling dicari:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *